PT IMS Logistics Blog

Automating Supply Chain

Chairul Tanjung, Terkaya Kelima di Indonesia


Source : Bisnis.com

 

 Siapa  tidak mengenal Chairul Tanjung? Pengusaha asal Indonesia. Namanya dikenal luas sebagai usahawan sukses bersama perusahaan yang dipimpinnya, Para Group, kini CT Corporation. Chairul telah memulai berbisnis ketika ia kuliah dari jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Keberuntungan Chairul Tanjung berasal dari investasi di industri media melalui conglomerate-nya, CT Corporation.  Pada 1 Desember 2o11,  Chairul Tanjung meresmikan perubahan Para Grup menjadi CT Crop. CT Corp terdiri dari tiga perusahaan sub holding:  Mega Corp, Trans Corp, CY Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam.

Trans Corp Media memiliki situs berita Detik.com dan dua dari lima stasiun TV terkemuka di Indonesia. Dia juga mengontrol  investasi pada bisnis ritel, termasuk Carrefour Indonesia dan sejumlah waralaba merek mewah  termasuk Giorgio Armani, Jimmy Choo, dan Valentino.

Seorang dokter gigi terlatih yang  memulai kariernya menjual panduan belajar sementara di sekolah, usaha pertama adalah usaha perdagangan peralatan medis dan gigi ia mulai pada  1983. Ia mengetuai National Kidney Foundation Indonesia dan merupakan anggota dewan Komite Indonesia untuk Program Kemanusiaan.

Status

Keterangan

Usia

51 Tahun

Sumber kakayaan

Diversifikasi, self-made

Warga negara

Indonesia

Pendidikan

Dokter gigi Universitas Indonesia

 Status pernikahan

Nikah

Anak

Dua orang

      CT mengambil alih Carrefour, salah satu raksasa ritel asal Prancis. Ia mengambilalih 40% saham,   yang berarti menjadi single majority di perusahaan itu. Pengambilalihan Carrefour dengan proses negosiasi yang hanya tiga bulan–dan dilakukan setelah ia mendirikan Trans Studio, pusat hiburan keluarga di Makassar–menambah perbendaharaan bisnisnya, yang mengukuhkan CT Corp sebagai pemain yang disegani di Indonesia.

 Majalah ternama Forbes merilis daftar orang terkaya dunia 2010. Sebagai sebuah pencapaian, menurut majalah  tersebut, Chairul Tanjung termasuk salah satu orang terkaya dunia asal Indonesia. Forbesmenyatakan bahwa Chairul Tanjung berada di urutan ke 937 dunia dengan total kekayaan US$ 1 miliar. Pada 2011, menurut Forbes Chairul Tanjung menduduki peringkat 11 orang terkaya di Indonesia, dengan total kekayaan US$ 2,1 miliar.

Pada 2012, versi Forbes, dia menjadi orang nomor tiga terkaya di Indonesia dan 634 di dunia. Kini, 203, dia menduduki peringkat kelima terkaya di Indonesia dari 40 orang kaya Indonesia.

Adapun Bisnis yang berhasil CT Jalankan sampai saat ini yaitu: Baskin Robbins, Coffee Bean & Tea Leaf, Wendy’s, Trans TV, Trans 7, Detik, Carrefour Indonesia, Metro, Trans Fashion, Antatour, Vayatour, Trans Studio Bandung & Makassar, The Trans Luxury Hotel, Ibis Hotel. Trans Corp mengoperasikan sekitar 700 gerai di seluruh Indonesia.

Pada acara yang diselenggarakan di Kapas Krampung Plaza Surabaya, Minggu (18/8/2013), seperti dikutip Bisnis-Jabar.com, Chairul Tanjung mengingatkan agar para pengusaha yang didominasi ibu-ibu  terus berusaha meraih sukses dengan kerja keras dan tidak takut gagal.

“Saya sendiri tak terhitung berapa kali gagal. Namun, saya selalu menanamkan pada diri ini untuk bangkit dari keterpurukan. Saya tidak mau terbuai oleh kegagalan,” pesannya seraya memuji Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang turut membantu pemberdayaan ekonomi ibu-ibu.

 

Source : Berbagai sumber

Editor : Martin Sihombing

Agustus 20, 2013 - Posted by | Global News | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: