PT IMS Logistics Blog

Automating Supply Chain

PROGRAM KAIZEN per Februari 2013


Kaizen adalah suatu budaya untuk menuju perbaikan secara terus menerus untuk mendapatkan efisiensi yang tinggi, mempercepat kerja, hingga mempermudah pekerjaan, sehingga ujungnya produktifitasnya meningkat dan penurunan biaya operasional. Dengan kenaikan UMR yang sangat banyak, ini memukul seluruh perusahaan yang hampir 40%, maka produktifitas pun harus bisa meningkat 40% untuk mengcover cost yang semakin membengkak. Oleh sebab itu, program kaizen sangat diperlukan.

Selain disisi cost, kita juga harus memikirkan kita tidak boleh terlena dengan keadaan yang sekarang. Kita harus lebih maju dan lebih efisien dari competitor. Kita harus lebih ramping, lebih athletis, lebih sehat, agar disaat berlari, kita sudah menjadi pelari yang tangguh. Selain menjadi pelari, bagaimana caranya agar kita bisa naik sepeda, sedangkan competitor masih berlari.

Ada di suatu perusahaan Multi National Company yang memproduksi chiller utk pabrik, dll, mulai tahun 2007 berdiri sampai sekarang mengalami kenaikan omzet hingga 10-15 kali tetapi dengan human resources yang sama jumlahnya.

Contoh juga Improvement yang sudah dilakukan dalam hal Prepare Kabel Feeder, yang biasanya memerlukan 6 orang yang hanya bisa mempersiapkan untuk 2 DN saja dalam 1 jam. Sekarang dengan dibuatkan alat roller dengan bearing yang kuat, hanya memerlukan 3 orang dan bisa mempersiapkan 3-4 DN dalam 1 jam. Efisiensi bisa mencapai lebih dari 2x.

Prepare kabel coaxial kecil yang biasanya memerlukan 2 orang, dengan adanya alat roller kabel ini, hanya perlu 1 orang dengan kecepatan 4 kali lipat dari manual.

EKO SUSANDI CABLE ROLLER

ImageImage

Hal-hal seperti ini yang sangat diharapkan untuk mempercepat pekerjaan dan memperingan pekerjaan sehingga produktifitas bisa diraih kira2 80% lebih dari yang sebelumnya mungkin hanya 50% saja.

Program kaizen sudah berjalan per Februari 2013. Untuk periode pertama ini, banyak ide-ide dan masukan dari bawah untuk perbaikan fasilitas operasional. Belum sampai ada ide untuk efisiensi / untuk meningkatkan produktifitas. Hopefully, dengan berjalannya waktu, mereka akan kita ajak untuk berpikir lebih setelah saran2 yang mereka temui sehari2 sudah habis diperbaiki dan ditambah, maka mereka akan dengan sendiri akan dipacu untuk berpikir lebih dari sekedar memikirkan fasilitas penunjang.

Saran2 yang ada Februari 2013 hampir 75% sudah tercapai. Tetapi juga harus tetap dimonitor agar apa yang sudah ada tidak menjadi kendor dan kembali ke awal.

GANBATTE. LET’S MOVE !!!

Maret 16, 2013 - Posted by | Company News | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: