PT IMS Logistics Blog

Automating Supply Chain

KEKUATAN FOKUS


Fokus adalah kemampuan untuk memusatkan semua energi yang dimiliki kepada suatu sasaran tereentu dan mempertahankannya hingga akhirnya sasaran tersebut tercapai.
Kunci keberhasilan dari fokus bukan terletak pada seberapa besar kekuatan yang dimiliki tetapi seberapa terpusat dan konsisten kekuatan tersebut.

Sebagai contoh:
Waktu matahari bersinar tajam, anda meletakkan selembar kertas dibawah sebuah surya kanca (kaca pembesar). Segera surya kanca tersebut mengumpulkan sinar matahari dan membakar kertas tersebut beberapa detik kemudian. Bandingkan bila sekarang anda menggunakan dua buah surya kanca secara bergantian. Setiap detik anda menggantikan surya kanca tersebut secara bergiliran satu dengan yang lain. Setelah berjam-jam, kertas tersebut tetap utuh, tidak terbakar.

Mengapa 2 surya kanca yang diletakkan secara bergantian tidak bisa membakar kertas? Jawabannya adalah karena dua surya kanca yang dipasang secara bergantian tidak bisa menciptakan fokus. Terkadang, dalam suatu organisasi atau perusahaan kita tergota untuk menambah lebih banyak orang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun kita lupa bahwa terlalu banyak orang akan menciptakan pengalihan fokus. Orang-orang yang tidak bisa berkontribusi akhirnya mulai mengobrol dan mengganggu orang-orang yang sesungguhnya sedang bekerja. Akhirnya, pekerjaan justru lebih lama terselesaikan bahkan bisa jadi terbengkalai.

Kalau anda menggunakan hanya 1 surya kanca tetapi 2 lembar kertas dengan bergantian meletakkan surya kanca diatas kertas tersebut, maka tidak akan terbakar.
Artinya kalau anda terlalu banyak tujuan yang hendak dicapai pada 1 periode tertentu dan mengalokasikan sumber daya untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, hasilnya akan cukup lama.

Kalau anda fokus pada satu tujuan pada 1 periode, maka akan lebih cepat menggapai tujuan itu.
Cobalah anda mencoba untuk mengunci anda sendiri di kamar kerja, dan mengerjakan pekerjaan anda, dibandingkan anda mengerjakannya dengan hiruk pikuk kantor dan teman-teman di sekeliling anda. Pekerjaan akan lebih cepet terselesaikan dengan mengunci diri di kamar, karena anda hanya fokus pada pekerjaan anda sendiri tanpa ada gangguan yang lain.

FOKUS ITU ADALAH KEKUATAN UNTUK MENCAPAI CITA-CITA ANDA YANG SETINGGI LANGIT.
BUATLAH 1 TUJUAN HANYA PADA 1 PERIODE SAJA. JANGAN BERMACAM-MACAM TUJUAN PADA PERIODE WAKTU YANG SAMA

November 12, 2009 - Posted by | Inspirasi | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: